Hiace Minibus Favorit untuk Wisata di Bali
June 19, 2018
Wanagiri Hidden Hill
Objek Wisata Wanagiri Hidden Hill
June 22, 2018
Show all

Desa Wisata Penglipuran Bali

Penglipuran bali

Desa Wisata Penglipuran Bali adalah Tempat yang Wajib Anda Kunjungi jika Berlibur ke Pulau Bali

Dari dulu sampai saat ini, kunjungan wisatawan yang berwisata ke desa adat Penglipuran, masih didominasi oleh wisatawan mancanegara. Sejak desa Penglipuran terlihat disalah satu stasiun TV Indonesia, yang digunakan sebagai tempat shooting FTV (film televisi). Minat wisatawan domestik untuk mengunjungi desa Penglipuran Bali semakin tinggi. Rute wisata desa Penglipuran biasanya wisatawan pilih saat mengunjungi tempat wisata Kintamani dan objek wisata Ubud karena lokasinya searah. Lalu dimana alamat desa Penglipuran Bali?

Lokasi Desa Wisata Penglipuran Bali

Lokasi desa wisata Penglipuran Bali, berada di desa Kubu, kabupaten Bangli, provinsi Bali. Mungkin banyak dari anda tidak tahu, kabupaten Bangli di Bali bagian mana. Jika anda pernah wisata ke Kintamani atau Gunung Batur, inilah wilayah kabupaten Bangli. Desa penglipuran Bangli berada di ketinggian sekitar 600 – 700 meter   dari permukaan laut. Akibat berada di posisi ketinggian ini, membuat udara di desa ini sejuk. Peta lokasi Klik Disini!!!

Karena tidak ada sarana transfortasi umum untuk menuju lokasi desa wisata Penglipuran Bali. Maka cara terbaik untuk wisata ke desa Penglipuran Bali adalah menggunakan jasa rental mobil + sopir di Bali atau menyewa mobil tanpa supir. Bagi yang belum pernah ke tempat wisata desa Penglipuran Bangli, sebaiknya anda menggunakan jasa rental mobil + sopir di Bali untuk menghidari tersesat di jalan. Bagi anda yang tidak ingin ribet dengan urusan transportasi dan tiket masuk saat liburan di Bali, dan ingin mengunjungi tempat wisata desa Penglipuran Bangli. Sebaiknya anda mencari penyedia paket wisata di Bali dengan rute objek wisata desa Penglipuran Bangli. Di desa wisata Penglipuran Bali, tersedia tempat parkir yang cukup luas dan lokasi parkir berdekatan dengan objek wisata. Di desa Penglipuran, dilarang untuk membawa masuk kendaraan bermotor untuk memasuki desa. Untuk dapat memasuki desa Penglipuran, anda akan dikenakan biaya tiket masuk.

Harga Tiket Masuk ke Desa Wisata Penglipuran Bali

Kategori

WNI

WNA

Dewasa

Rp 15.000

Rp 30.000

Anak-anak

Rp 10.000

Rp 25.000

Daya Tarik Desa Wisata Penglipuran Bali

angkul-angkul penglipuranJika anda berminat untuk melihat keunikan sebuah desa yang masih memperlihatkan suasana Bali asli. Maka kabupaten Bangli dan objek wisata di Bali timur wajib anda kunjungi. Karena wilayah kabupaten Bangli dan objek wisata di Bali timur salah satunya desa Tenganan masih kental nuasa Bali asli dan belum banyak mendapatkan pengaruh modern. Tahukah anda, desa adat Penglipuran Bangli digunakan sebagai contoh pertama sebagai desa wisata di Indonesia oleh pemerintah daerah pada tahun 1995. Bagi yang pertama kali berlibur ke desa Penglipuran Bangli, pastinya akan terkejut melihat bentuk dari tiap-tiap rumah penduduk hampir sama. Kemiripan dari tiap-tiap rumah terlihat pada pintu gerbang rumah (angkul-angkul), atap rumah dan dinding rumah menggunakan bambu, lebar pintu gerbang (angkul-angkul) yang hanya muat untuk satu orang dewasa.

Tidak hanya bentuk rumah yang sama, pembagian dari masing-masing tata ruang rumah juga sama, seperti kamar tidur dan dapur. Cat tembok pintu gerbang yang digunakan bukan cat tembok yang biasanya kita kenal, melainkan menggunakan cat berbahan dasar dari tanah liat. Pada saat ini tedapat beberapa perubahan struktur bangunan untuk beberapa rumah di desa wisata penglipuran. Walaupun perubahan dari dinding bambu ke batu bata, konsep menyatu ke alam masih sangat kuat di budaya desa Adat Penglipuran. Selain bentuk bangunan traditional yang hampir sama, ada beberapa hal lain yang menarik dari desa Penglipuran Bangli seperti, kesejukan udara, kebersihan dan tata ruang yang tertata rapi. Selain itu penduduk desa Penglipuran Bangli tidak mengenal upacara pembakaran mayat, jadi mayat langsung dikubur. (Baca Juga : Objek Wisata Pura Besakih Bali)

Hutan Bambu menjadi Daya Tarik Wisata Desa Penglipuran

loloh cemcemhutan bambo penglipuranSelain bangunan dan tata ruang yang rapi, desa ini juga memiliki daya tarik  hutan bambu. Di hutan ini terdapat banyak sekali pohon bambu yang di tengahnya terdapat sebuah jalan. Biasanya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk berfoto. Menebang pohon bambu di desa ini tidak boleh sembarangan tanpa ijin dari tokoh masyarakat setempat.

Jika anda berkunjung ke desa wisata penglipuran, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk kelurga ataupun kerabat anda.  Penduduk desa Penglipuran Bali memiliki minuman khas yang disebut loloh cemceman. Daun cemcem menurut kepercayaan orang Bali mampu menurunkan suhu tubuh yang panas, sehingga sangat baik bagi kesehatan. Ketika dibuka, loloh cemcem memiliki sedikit aroma tumbuhan, dan rasanya sangat unik! Rasanya asam, manis, asin, dan sedikit pahit. Minuman ini mantap diminum dalam keadaan dingin dan langsung memberi sensasi segar. Loloh cemcem dikemas dalam botol kemasan air mineral ukuran 600 ml. Rata-rata loloh cemcem ukuran tersebut dibanderol Rp 5.000.

Leave a Reply

Chat WhatsApp